Sukabumi Dikagetkan dengan Kreatif Senjata Api

Asep Burdah (49) warga Kampung Selaawi, Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, baru-baru ini dikagetkan dengan penemuan kreatif dua paket Senjata Api (Senpi) laras panjang.

Senpi itu ditemukan terkubur di sekitar kolam ikan milik warga, di Kampung Cimahi, Rt 02/01, Desa Selajambe pada Senin (29/4/2024). Asep menceritakan, penemuan kreatif itu berawal saat dia berprofesi untuk membenarkan saluran air pada kolam ikan yang bocor. Tapi, setelah satu meter penggalian, dia sempat kesusahan saat mencangkul sebab terhalang benda keras.

“Saya itu kan kerja nyangkul di situ, ingin benerin kolam yang bocor. Itu di belakang sekolah SDN Cimahi Selajambe. Nah ideal ngegali itu kirain saya ada depo 10k batu soalnya keras ideal dicangkul itu, tahunya itu senjata,” ujar Asep saat ditemui dirumahnya pada Selasa (30/4/2024).

Dirinya sempat menyangka penemuan kreatif senjata api itu cuma mainan, melainkan saat terus digali, Asep menemukan sejumlah benda lainnya seperti kotak peluru (magazin) serta isi pelurunya.

“Pertama mah saya kira kan cuman mainan, ideal terus digali ada satu lagi senjata api, digali lagi ada pelurunya juga sama wadah peluru katanya dua itu,” ungkapnya.

Dia mengaku cemas, jikalau meneruskan menggali area tanah terdapat senpi itu. Dia takut, jikalau ada senjata lainnya seperti granat. Tapi, baru saja dia menyelesaikan galian itu, Asep menyebut, kembali menemukan dua unit diduga kotak peluru.

Kecuali itu, dia menyangka kemungkinan masih ada penemuan kreatif barang lainnya jikalau terus menggali di sekitar lokasi.

“Habis itu sudah saja dan takut kan jadi nggak dilanjutin (gali tanah) udah weh da takut ada granatnya kan. Tadi tuh digali lagi jam 09.00 WIB, ada lagi cuman itunya aja wadah pelurunya ada dua disimpen aja di rumah yang punya tanah,“ tuturnya.

Polisi Ungkap Ragam Senjata
Kapolsek Cisaat Resor Sukabumi Kota, AKP Yanto Sudiarto membenarkan penemuan kreatif senjata api laras panjang dan amunisi peluru tersebut dari laporan warga. Dia mengatakan, segala barang bukti dalam keadaan berlumpur dan berkarat, serta beberapa komponen dalam keadaan rusak.

“Benar sudah ditemukan diduga 2 pucuk senpi Ragam senjata bahu, merk Stand kaliber 9 mm, 1 amunisi peluru aktif kaliber 7.92, 3 selongsong peluru kaliber 7.92, dan 1 proyektil dalam keadaan berlumpur dan berkarat, yang ditemukan oleh saksi saudara Asep Burdah,” ujar Yanto dalam keterangannya, Selasa (30/4/2024).

Kedua senjata dan amunisi peluru ditemukan di sebuah tempat di dalam tanah dekat lokasi kolam ikan milik seorang warga. Yanto mengatakan, saksi kemudian menyampaikan isu penemuan kreatif itu terhadap saudaranya. Dikala ini, barang bukti penemuan kreatif senjata tersebut diserahkan terhadap Sat Intel Polres Sukabumi Kota.

“Selanjutnya dari Desa Selajambe menyampaikan terhadap Bhabinkamtibmas Desa Selajambe dan Polsek Cisaat mendatangi TKP kemudian mengamankan barang bukti tersebut,” ungkapnya.