Sejarah Klub Cagliari Dari Awal Hingga Kini

sejarah klub cagliari

Cagliari Calcio, atau yang sering disebut hanya sebagai Cagliari, adalah klub sepakbola yang berbasis di Cagliari, Sardinia, Italia. Berikut adalah rangkuman sejarah klub ini dari awal hingga kini:

  1. Pendirian dan Awal Periode (1920-1960an): Klub ini didirikan pada 30 Mei 1920 dengan nama Cagliari Football Club. Mereka memulai perjalanan mereka di level regional dan kemudian naik ke level nasional. Pada era ini, Cagliari tidak terlalu mencuat dalam kancah sepakbola Italia.
  2. Era Kesuksesan dan Scudetto (1960an): Cagliari mengalami masa kejayaan pada tahun 1960an. Di bawah kepemimpinan pelatih Luigi Rava, mereka meraih promosi ke Serie A pada tahun 1964. Puncak kesuksesan mereka adalah pada musim 1969-1970 di mana mereka meraih gelar Serie A (Scudetto) pertama dan satu-satunya dalam sejarah klub.
  3. Periode Perjuangan dan Kembalinya ke Serie A (1970an-1990an): Setelah meraih gelar Serie A, Cagliari mengalami periode perjuangan dengan beberapa kali degradasi ke Serie B. Namun, mereka juga berhasil kembali promosi ke Serie A dalam beberapa kesempatan.
  4. Konsolidasi dan Stabilitas (2000an-2010an): Pada awal abad ke-21, Cagliari mulai menemukan stabilitasnya di Serie A di bawah kepemimpinan beberapa manajer yang sukses. Mereka menjadi klub yang cukup konsisten bertahan di divisi teratas Italia.
  5. Era Terkini (2010an-Sekarang): Cagliari terus berkompetisi di Serie A dengan pencapaian yang bervariasi, seperti finis di pertengahan klasemen atau mengalami tekanan degradasi. Klub ini memiliki basis pendukung yang setia dan stadion mereka, Stadion Sardegna Arena, menjadi ikon bagi sepakbola Sardinia.

Dalam sejarahnya, Cagliari juga memiliki beberapa pemain terkenal seperti Gigi Riva, salah satu legenda sepakbola Italia yang menghabiskan sebagian besar situs sugar rush slot kariernya bersama klub ini. Meskipun tidak selalu bersinar seperti beberapa klub besar Italia, Cagliari tetap menjadi bagian penting dalam sejarah sepakbola Italia.