Polsek Pelabuhan Manado Amankan Kedatangan Pengungsi Erupsi Gunung Ruang

Polsek Pelabuhan Manado, Rabu (8/5/2024), menjalankan tindakan pengamanan terhadap kedatangan pengungsi dari Pulau Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, yang terdampak bencana erupsi Gunung Ruang.

Aparat Polsek Pelabuhan Manado bersama dengan relawan dan organisasi kemanusiaan lainnya bergerak pesat untuk memberikan bantuan dan perlindungan terhadap para pengungsi yang tiba di pelabuhan.

Mereka menjalankan koordinasi dengan beragam pihak terkait, termasuk pemerintah daerah dan lembaga kemanusiaan, untuk memastikan spaceman slot kebutuhan dasar para pengungsi terpenuhi dengan langsung.

“Dengan ketidakhadiran mereka di pelabuhan, Polsek Pelabuhan Manado tak hanya menjadi penjaga keamanan, tapi juga menjadi benteng kemauan bagi mereka yang mengalami bencana,” tutur Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait lewat Kasi Humas Ipda Agus Haryono.

Dia mengatakan, keberadaan aparat Kepolisian serta unsur masyarakat lainnya menampilkan komitmen yang kuat dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat, lebih-lebih dalam keadaan darurat seperti ini.

Meskipun dihadapkan pada tantangan logistik dan ruang, upaya tanggap darurat yang terkoordinasi dengan baik telah memberikan kemauan bagi para pengungsi yang terdampak.

“Polsek Pelabuhan Manado memastikan bahwa cara kerja kedatangan dan penempatan pengungsi dilaksanakan dengan tertib dan aman, sambil konsisten mematuhi protokol kesehatan yang dibutuhkan mengingat keadaan pandemi yang masih berlangsung,” tuturnya.

Sesudah tiba di Pelabuhan Manado, para pengungsi ini kemudian dinasihati ke sejumlah lokasi penampungan seperti Bapelkes Manado, Gedung Kemensos Paal IV Manado, serta sejumlah lokasi lainnya.