Megawati Kritik Pelaksanaan Pembahasan Revisi UU MK: Prosedurnya Tak Benar

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyinggung pembahasan revisi Undang-undang Mahkamah Konstitusi (MK) yang sempat disorot. Menurutnya, prosedur dalam pembahasan RUU itu tak benar.

Hal itu disampaikannya dalam Rapat Serta Nasional (Rakernas) ke-V PDIP di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024). Kecuali hadir dalam Rakernas itu Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Ketua Fraksi PDI-P DPR Utut Adianto juga hadir sebagai peserta Rakernas.

Lah bayangkan dong gunakan revisi UU MK, yang menurut saya prosedurnya saja tak benar. Tiba-tiba masa reses, saya sendiri sampai bertanya pada tadi ada Pak Utut mana ya?” tanya Megawati ditiru Utut nampak berdiri saat dipanggil.

Megawati telah bertanya pada Utut mengapa pembahasan itu dilaksanakan di masa reses. Pun itu, pembahasan juga dilaksanakan saat Puan sedang kunjungan kerja keluar negeri.

Aku, Megawati menyinggung putrinya sendiri sedap-enakan pergi keluar negeri.

“Kecuali tanya beliau (Utut) Ini apa sih? Mbak Puan lagi pergi yang saya bilang ke Meksiko, kok sedap sungguh-sungguh ya (Puan),” sindir Megawati.

Pun itu, Presiden Kelima RI ini menyinggung RUU Penyiaran yang dievaluasi memberangus jurnalistik investigasi. Dengan RUU Penyiaran itu, Megawati malah bertanya lantas apa gunanya pers.

“Makanya saya senantiasa mengatakan, ‘hey, kamu tuh ada dewan pers lho, lalu harus meniru yang namanya kode etik jurnalistik. Lah kok spaceman pragmatic enggak boleh ya investigasinya. Lho, itu kan artinya pers itu kan apa sih. Pendukung saya, ia benar-benar turun ke bawah lho, saya banyak teman (pers) dahulu kan waktu PDI,” tutur Megawati.

Parpol Diketahui Ganjar-Mahfud Hadiri Rakernas PDIP

Tampak, Megawati menjelang arena Rakernas ditemani Ketua DPP PDIP Puan Maharni, eks Capres 2024 Ganjar Pranowo serta Menseskab yang juga eks Sekjen PDIP Pramono Anung.

Umum juga hadir di acara pembukaan Rakernas V PDIP di antaranya, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta Odang dan perwakilan PPP.

Adapun sejumlah Menteri Kabinet dari PDIP, diantaranya Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Tampak dan HAM Yasonna Laoly, Menteri PAN-RB Abdulah Azwar Anas, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, Menteri Koperasi Teten Masduki turut hadir dalam pembukaan Rakernas V PDIP.

Kemudian, Menteri Kabinet yang yakni teman, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Para tokoh nasional seperti Wakil Presiden Ke-6 RI Try Sutrisno sampai eks Cawapres 2024, Mahfud MD nampak hadir dalam pembukaan Rakernas.

Adapula, para tokoh-tokoh nasional, para relawan penunjang Ganjar-Mahfud, pegiat pro demokrasi dan para cendikiawan yang turut menjadi tetamu undangan dalam Rakernas itu.

Presiden Kelima RI ini malah duduk di komponen depan panggung Rakernas V Partai. Umum mengapit Megawati, yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang kompak berpakaian serba merah.

Acara malah dimulai dengan penampilan pertunjukan gambar banteng yang terluka namun konsisten menggelorakan motivasi bertarung.