Kronologi Terbaru Candaan Bom Di Pesawat Pelita Air Berujung Penerbangan Delay

Kronologi Terbaru Candaan Bom Di Pesawat Pelita Air Berujung Penerbangan Delay

Pesawat Pelita Air bersama dengan kode penerbangan IP 205 rute Surabaya-Jakarta terpaksa delay karena ada ancaman bom. Akibat itu, pesawat terpaksa Pelita Air diarahkan di ujung landasan Bandara Juanda untuk dilakukan pemeriksaan.

Terkait kejadian ancaman bom tersebut, Pelita Air mengimbuhkan klarifikasi atas kejadian terhadap hari ini Selasa, 6 Desember 2023 didalam penerbangan IP 205 Rute Surabaya-Jakarta pukul 13.20 WIB.

Pelita Air pun menyita tindakan sesuai joker123 slot bersama dengan protokol keamanan yang telah ditetapkan. Tim keamanan bekerja sama bersama dengan aparat bandara laksanakan pengecekan menyeluruh terhadap pesawat, penumpang, bagasi dan juga barang bawaan dan dinyatakan aman.

Ancaman Hukuman

Berdasarkan Pasal 344 huruf e Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 mengenai Penerbangan Setiap orang dilarang laksanakan Tindakan melawan hukum (acts of unlawful interference) yang membahayakan keselamatan penerbangan dan angkutan udara bersifat menyampaikan informasi palsu yang membahayakan keselamatan penerbangan. Sehingga penumpang selanjutnya akan diproses sesuai bersama dengan Undang-Undang yang berlaku.

Menurut pasal 437 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 mengenai Penerbangan, Setiap orang menyampaikan informasi palsu yang membahayakan keselamatan penerbangan sebagaimana di maksud pasal 344 huruf e dipidana bersama dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun.

Protokol Keselamatan dan Keamanan

Agdya juga memastikan selalu ikuti protokol keselamatan dan keamanan yang ketat dan tidak mentolerir hal-hal yang berpotensi mengganggu keamanan dan keselamatan penerbangan dan akan bertindak tegas kepada pelaku. Pelita Air selalu bekerja sama bersama dengan otoritas berkenaan untuk memastikan keselamatan dan keamanan di tiap tiap penerbangan.

Saat ini Penerbangan IP 205 tengah dipersiapkan dan dijadwalkan ulang terbang menuju Jakarta terhadap pukul 18.00. Penumpang waktu ini menanti di ruang keberangkatan Bandara Juanda, Surabaya.

“Kepada seluruh penumpang didalam penerbangan tersebut, kami mengucapkan menerima kasih atas kesabaran dan pengertian yang diberikan selama sistem pengecekan berlangsung. Kami tahu bahwa keselamatan dan keamanan adalah hal yang amat perlu dan kami selalu berkomitmen untuk sediakan penerbangan yang aman,” tutup Agdya.

Viral, Pesawat Pelita Air Rute Surabaya-Jakarta Diteror Bom

Sebelumnya, Penerbangan Pelita Air rute Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara Soekarno-Hatta Jakarta terpaksa tertunda. Pesawat bersama dengan kode penerbangan IP205 ini diasingkan di remote daerah Bandara Juanda karena ada ancaman bom.

Pengamat penerbangan, Gerry Soejatman, didalam akun X –sebelumnya Twitter– mem-posting pesawat bersama dengan registrasi PKPWD ini diparkir di ujung landasan. Dalam video yang beredar juga, pesawat tampak telah mengakses pintu darurat.

Selain itu, di sisi lain pesawat Pelita Air selanjutnya juga telah standby beberapa truk pemadam kebakaran.

“BREAKING: Pelita Air IP205 PKPWD, SUB-CGK, bomb threat prior to take off, aircraft moved to remote area.

Semoga bukan bom beneran!”, tulisan Gerry yang dikutip Rabu (6/12/2023).

Hingga berita ini diturunkan, Liputan6.com tetap mencoba menghubungi pihak Pelita Air Service, cuma saja belum ada penjelasan pasti.