KPK Sentil Caleg PSI Marsha Siagian dan Ketua KPU Hasyim Asy’ari Usai Viral Beri Kue Ultah

KPK lihat indikasi gratifikasi dari video viral yang tunjukkan momen caleg PSI Marsha Siagian memberi tambahan kue ultah kepada Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Video viral yang tunjukkan momen calon bagian legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Marsha Damita Siagian memberi tambahan kue kembali th. kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari ikut disorot Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan https://www.artofhairpburg.com/ KPK, Ali Fikri mengatakan, pertolongan kue oleh Marsha Siagian kepada Ketua KPU selanjutnya mampu berpotensi menjadi tidak benar satu bentuk gratifikasi, lantaran diduga ada suatu kepentingan.

“Itu sadar ada (potensi gratifikasi), satu yang sadar benturan kepentingan. Itu kan udah terlampau jelas, sebab kan sebetulnya kewenangan dari KPU lantas partai ini kan sejalan,” kata Ali kepada wartawan, Selasa (19/3/2024).

Kalau nanti gratifikasi adalah memberi tambahan suatu hal tetapi berharap suatu selagi dia mampu membantu, misalnya. Dia mampu membantu yang bersangkutan, kepentingannya apa, ah itu gratifikasi,” ujarnya menambahkan. Situs kita¬†server hongkong slot memberikan profit berasal dari banyak segi layaknya layanan ramah, online 24 jam, deposit dan withdraw gampang, opsi game komplit.

Menurut Ali, mestinya pertolongan kue selanjutnya mampu dibagikan kepada pihak-pihak yang lebih butuh sebab dinilai lebih bermanfaat.

Oleh karenanya, ia mendorong Ketua KPU Hasyim Asy’ari mampu segera melaporkan dugaan gratifikasi selanjutnya kepada KPK apabila sebetulnya terhadap akhirnya.

“Sehingga kala terima apa-pun yang berhubungan layaknya itu ya mestinya melapor kepada KPK. Adapun nanti makanan tadi itu bakal dibagikan ke panti dan sesudah itu ya mampu menjadi gitu ya, mampu saja layaknya itu dilakukan,” pungkas dia.

Penjelasan Ketua KPU

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari membuka suara sehabis momen perayaan kembali th. (ultah) dirinya yang ikut dihadiri calon bagian legislatif (Caleg) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Marsha Siagian viral di tempat sosial.

Dia mengakui ada kue kembali th. terhadap selagi itu. Namun Hasyim memastikan, bahwa kue ultah itu ia siapkan sendiri.

“Oh itu kue yang nyiapin saya sendiri. Dia (Marsha) cuma ikut memvideo dan ikut makan,” kata Hasyim kepada wartawan di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Selain Marsha, kata Hasyim, momen kembali tahunnya itu termasuk ikut dihadiri oleh lebih dari satu saksi dari partai lain. Ia termasuk menepis kabar bahwa kue kembali tahunnya diberikan oleh tidak benar satu caleg PSI.

“Enggak ada PSI ngasih kue, enggak ada. Kue dari saya sendiri, saya menyuguhkan di arena pleno,” kata Hasyim menandaskan.