Janji Ganjar Pranowo Untuk Berantas Korupsi: Pemiskinan, Perampasan Aset, dan Kirim Koruptor ke Nusa Kambangan

Calon presiden Ganjar Pranowo menyaytakan slot akan mengupayakan pemiskinan melalui perampasan aset untuk mengatasi masalah korupsi. Hal itu disampaikan Ganjar saat menjawab pertanyaan panelis soal membuat efek jera para pelaku korupsi dalam ajang debat capres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa, 12 Desember 2023.

Selain pemiskinan melalui perampasan aset, Ganjar juga menyatakan akan menempatkan para koruptor di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah, untuk membuat efek jera.

“Maka kita segerakan UU perampasan aset dan pejabat yang korupsi bawa ke Nusa Kambangan agar punya efek jera karena ini bukan main-main,” kata Ganjar.

Pemimpin harus memberikan contoh yang baik

Selain itu, dalam pemberantasan korupsi, menurut Ganjar, juga penting agar para pemimpin memberikan contoh yang baik seperti hidup secara sederhana, tidak bermewah-mewah, dan mengajarkan integritas.

Sementara itu, Ganjar mengatakan untuk para pejabat ada dua yang dinilai penting untuk memberantas korupsi. Pertama, biarkan para pejabat berkembang melalui meritokrasi yang baik, sehingga ketika menduduki jabatan tidak ada jual-beli. Kedua, jangan biarkan pejabat menyetor kepada pemimpinnya.

“Kalau ini terjadi kerunyaman itu akan muncul,” kata Ganjar.

Kerugian dari kasus korupsi bisa untuk bangun 27 ribu puskesmas

Bekas Gubernur Jawa Tengah itu juga mengutip data dari ICW bahwa sekitar Rp 230 triliun kerugian negara terjadi karena tindak pidana korupsi.

“Dan ini ekuivalen kalau kita pakai untuk buat puskesmas kira-kira 27 ribu,” kata dia.

Dalam pemaparan visinya, Ganjar memang sempat berjanji akan membangun fasilitas kesehatan setingkat puskesmas di setiap desa di seluruh Indonesia. Hal itu dia anggap penting setelah bertemu dengan seorang pastur bernama Leo di Merauke yang bercerita bagaimana dia harus membantu seorang perempuan yang melahirkan karena minimnya fasilitas kesehatan di sana.

Debat capres yang diselenggarakan KPU malam ini mengambil tema penegakan hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Debat capres malam ini merupakan yang pertama dari lima rangkaian debat yang sudah dijadwalkan KPU dalam menghadapi Pilpres 2024. Dalam debat kali ini, ketiga pasangan calon seluruhnya hadir. Mereka adalah pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.