Hakim Agung Suharto Ucapkan Sumpah Jabatan Jadi Wakil Ketua MA di Depan Jokowi Hari Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Hakim Agung Suharto sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) bidang non-yudisial, Rabu (15/5/2024). Pengucapan sumpah jabatan akan digelar di Istana Negara Jakarta, pukul 10.00 WIB.

“Hari ini, tanggal 15 Mei 2024, rencana akan steviaa.com ada rencana Pengucapan Sumpah Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana terhadap wartawan, Rabu (15/5/2024).

Kecuali itu, Jokowi juga akan mengambil sumpah dan janji anggota Institusi Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) di Istana Negara.

Sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) menetapkan Hakim Agung Suharto sebagai Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial menggantikan Sunarto yang dilantik menjadi Wakil Ketua MA Bidang Yudisial pada 3 April 2023.

Diinformasikan dari situs sah MA di Jakarta, Selasa, penetapan itu dilaksanakan dalam Sidang Paripurna Khusus dengan rencana tunggal Pemilihan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial pada Senin (22/4) di Balairung Mahkamah Agung, Jakarta.

Pemilihan itu semestinya ditiru oleh 51 Hakim Agung, tetapi hanya ditiru oleh 47 hakim yang hadir dalam sidang hal yang demikian.

Seluruhnya memiliki hak untuk dipilih dan memilih menurut UU No 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung RI sebagaimana sudah diubah dan ditambah dengan UU RI No 5 Tahun 2004, dan UU RI No 3 Tahun 2009 yang menetapkan bahwa Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Agung dipilih dari dan oleh Hakim Agung.

Terdapat lima nama Hakim Agung yang mengungkapkan kesediaannya untuk menjadi calon yang akan menduduki jabatan hal yang demikian, yaitu Hakim Agung Hamdi, Haswandi, Irfan Fachruddin, Pri Pambudi Teguh, dan Suharto.

Diharapkan Dapat Membawa Perubahan Positif Bagi MA
Sesudah lewat pemilihan dalam dua putaran, Suharto mendapatkan suara terbanyak, sehingga disahkan oleh Ketua MA M. Syarifuddin sebagai Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial terpilih jangka waktu 2024-2029. Dalam sambutannya, Suharto mengungkapkan terima kasih terhadap semua Hakim Agung yang sudah memilih dirinya untuk mengantar Ketua MA.

“Aku tak membayangkan ke depannya akan seperti apa, tetapi alhamdulillah masih ada eks Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial sebelumnya yang dapat saya tanya, yang dapat memberikan arahan pada saya. Inilah yang menguatkan hati saya dalam menjaga marwah Mahkamah Agung ke depan,” sebut dia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua MA memberikan ucapan selamat terhadap Suharto yang sudah terpilih. Dia mau Suharto dapat mengemban tugas dan amanah yang dipercayakan kepadanya selama lima tahun mendatang dengan bagus.

Dirinya juga mau Suharto dapat membawa perubahan positif bagi Mahkamah Agung dan lembaga peradilan ke depan.